Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

BUDAYA TELAT , HARUS KITA HINDARKAN 



                Saya suka sekali menghadiri seminar – seminar dan kegiatan yang diadakan dikampus. Banyak yang dipanitiai oleh rekan mahasiswa maupun para dosen.  Dari banyak seminar yang saya hadiri, saya menemukan satu kesamaan yang umum terjadi di seminar tersebut yaitu ngaret (telat) waktu memulai acara sehingga acara-acara yang telah disusun sampai akhir pun menjadi tidak sesuai jadwal.

                Memang tidak semua acara di kampus itu ngaret namun kebanyakan yang terjadi selalu ngaret waktu mulainya dan parahnya makin lama ngaret ini menjadi kebiasaan dan bahkan sebuah tradisi. “biasa deh acaranya pasti telat, dah berangkatnya gausah pagi-pagi” salah satu komentar yang sering saya dengar ketika ingin mengajak teman berangkat menghadiri seminar. Ironis memang hal yang buruk menjadi kebiasaan dan kita mencoba beradapasi terhadap hal itu.

                Kita semua tahu kalau waktu itu sangat berharga sekali, pepatah populer dari Negara barat “time is money” dan agama Islam pun mengambarkan nilai waktu dalam sebuah surat Al-Ashr . Semua itu menggambarkan betapa berharganya waktu dan kita merugi apabila tidak memanfaatkan waktu itu dengan baik.

                Kita perlu mengaplikasikan konsep menghargai waktu dalam kehidupan kita terutama dalam hal ini adalah pada saat pengadaan sebuah acara (seminar). Tanggung jawab panitia untuk bisa melaksanakan acara tepat waktu sangat penting karna akan mempengaruhi rencana para peserta dan pembicara yang datang yang notabene masing – masing orang sudah memiliki acara dan management waktu sendiri.

                Untuk bisa mengadakan acara yang berkualitas dan tepat waktu perlu persiapan yang matang dan dipadu dengan pengalaman yang mumpuni. Dari pengalaman yang saya dapat hal-hal yang penting untuk diperhatikan dalam penyelenggaraan acara adalah :

1      1 Menyatukan visi acara yang dibuat kepada para panitia untuk bisa bersama- sama mensukseskan acara yang diadakan karena perlu adanya kerja sama yang tinggi.

2      2 Menyusun dan mempersiapkan acara dari jauh – jauh hari dengan langkah – langkah pekerjaan yang jelas dan konkret


      3 Dalam pelaksanaan kepanitiaan perlu adanya pembagian pekerjaan yang jelas . Pembagian ini bisa dibagi berdasarkan jenis pekerjaannya seperti divisi perlengkapan, divisi konsumsi, Bendahara, Project Officer Dll sesuai kebutuhan.

       4  Totalitas yang tinggi dan menyeluruh dari panitia , karna akan perlu kerja ekstra baik saat sebelum , saat mulai dan sesudah acara.

itulah point – point yang saya pelajari selama ini dari mendatangi bebrapa seminar dan aktif juga di kepanitian sebuah organisasi , semoga bermanfaat :-)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar